Perbandingan Tugas dan Peran Psikolog
SekolahDisetiap Jenjang Pendidikan
Ø TK
Anak TK masuk pada tahap preoperational
menurut teori Piaget, dimana anak pada tahap ini anak mulain merepresentasikan
dunia dengan kata-kata dan gambar. Kata dan gambar ini merefleksikan indrawi
dan tindakan fisik.
Peran dan tugas psikolog sekolah pada jenjang TK adalah :
1.
Menjelaskan kepada guru TK supaya
memberikan pengajaran pada anak sesuai dengan kemampuan kognitif anak.
2.
Memberikan pengarahan kepada pendidik
untuk lebih memfokuskan anak dalam bermain dan pengenalan lingkungan terutama
pengenalan tentang diri.
3. Membantu
anak yang kesulitan dalam sosialisasi dengan lingkungan dan interaksi
dengan teman-temannya.
4. Membantu dalam pengembangan minat
dan bakat anak yang digemari anak tersebut sehingga menjadi prestasi bagi
anak.
Ø SD
Anak SD dalam teorinya Piaget masuk
pada tahap operational konkrit. Pada tahap ini anak mulai menggunakan logika
yang memadai, dan juga pada tahap ini anak sudah mulai memecahkan operasional
matematika, serta pada tahap ini anak mulai menghilangkan sifat egosentris dan
hubungan dengan teman sebaya sangat mempengaruhi pada tahap ini.
Peran dan tugas psikolog pada jenjang SD adalah :
1.
Karena anak SD sangat aktif bergerak
jadi seorang psikolog sekolah harus mampu menjelaskan kepada guru agar
menggabungkan belajar dengan bermain sehingga anak jadi lebih nyaman dalam
belajar dan tidak terlalu dipaksa
2.
Anak SD sangat senang bermain, sehingga
seorang psikolog sekolah seharusnya mengawasi dan mengontrol anak dalam
bermain, sehingga bermain anak terkontrol dengan baik.
3.
Memberikan penjelasan pada guru untuk
mempraktekkan pelajaran agar anak mudah memahami pelajaran
4.
Dan selalu mengontrol dan mengawasi
sosialisasi anak dalam lingkungan sekolah terutama interaksi dengan teman
sebaya.
Ø SMP dan SMA
Murid pada
tingkatan smp dan sma sudah berada pada tahap operasional formal. Mereka sudah
mengembangkan kemampuan untuk berfikir sistematis menurut rancangan yang
abstrak dan hipotesis. Secara umum, semakin tinggi tahap perkembangan
kognitif seseorang akan semakin teratur dan semakin abstrak cara berpikirnya.
Peran psikolog sekolah disini untuk
mengarahkan guru agar dapat memahami tahap-tahap perkembangan kognitif pada
muridnya agar dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajarannya sesuai
dengan tahap-tahap tersebut. Pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan
tidak sesuai dengan kemampuan dan karakteristik siswa tidak akan ada maknanya
bagi murid.
Tugas
psikolog sekolah pada tahap ini juga untuk membimbing murid dalam menentukan
minat dan bakatnya, dan memberi gambaran tentang dunia perkuliahan, dan
berbagai macam karir yang bisa digelutinya melalui psikotes (tes IQ/minat dan
bakat/kepribadian).
Hal lain yang bisa dilakukan
psikolog sekolah kepada murid pada tahap ini adalah dengan memberikan
konseling, dan memberikan penyuluhan terhadap bahaya narkoba, tawuran, sex
bebas, dan berbagai macam penyimpangan. Dikarenakan mereka secara pribadi masih
rentan akan pengaruh lingkungan, baik itu pengaruh positif maupun negatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar